Jumat, 06 Juli 2018

Mengapa Stereotip Perempuan Seksi Penggemar Bola Bertahan di Piala Dunia...

BERITA LUCU INDONESIA - Secara global, jumlah perempuan yang menggemari sepak bola sedang meningkat–sekitar 40% pemirsa televisi di dunia untuk Piala Dunia sepak bola laki-laki 2014 adalah perempuan. Digabungkan dengan pertumbuhan pesat Piala Dunia perempuan–yang akan digelar lagi tahun depan di Prancis–maka jelas bahwa perhelatan besar sepak bola tak lagi hanya untuk laki-laki.
Namun, jika Anda mengetik kata-kata “World Cup (Piala Dunia)” dan “women fans (penggemar perempuan)” di Google, yang muncul adalah perempuan-perempuan dari seluruh dunia dengan rambut panjang, celana pendek, dan seragam sepak bola yang kecil, terbungkus warna bendara dan warna negara mereka.
Mengapa stereotip tentang perempuan penggemar olahraga tetap bertahan dan mengapa mereka begitu populer?
Penelitian yang saya lakukan pada konten online yang menampilkan perempuan dalam Piala Dunia 2014 di Brasil mengkonfirmasi bahwa keseksian mendominasi. Riset saya meneliti lebih dari 100 gambar dari laporan media mainstream dan menemukan foto-foto dan kisah paling populer tentang perempuan memfokuskan pada penggemar muda dan langsing di tribun dengan mengkombinasikan pemberdayaan seksual dan kebanggaan nasional.
Dalam banyak gambar, para perempuan berpose secara provokatif untuk kamera jurnalis foto. Mereka berfoto dengan memajukan bibir yang menggunakan warna lipstik sesuai warna tim. Seorang penggemar Brasil mengangkat bendera nasional untuk menunjukkan sebuah senyum lebar dan bikini berpayet.
Potret-potret dari penggemar sepak bola itu memberikan contoh cara baru seksisme dalam media olahraga berlangsung. Ide-ide tentang perempuan sebagai objek pasif untuk konsumsi laki-laki telah berganti dengan gambar-gambar perempuan yang “sengaja memilih” tampil seksi. “Penggemar seksi” dirayakan sebagai bentuk ekspresi individu dan gaya personal, memperkuat ekspektasi budaya bagi untuk perempuan muda menghadirkan diri mereka sendiri dalam konteks olahraga dengan cara yang tidak mengancam keunggulan laki-laki.
Meski ada kritik yang meluas terhadap seksisme di media olahraga dan beberapa inisiatif melawan citra seksual penggemar olahraga perempuuan, stereotip penggemar seksi terus berkembang. Bagi penggemar perempuan yang tidak terlihat sesuai dengan stereotip ini, atau memilih untuk tidak tampil seksi, mereka jadi tidak terlihat di media.

Citra dominan

Salah satu penyebabnya adalah bagaimana pencarian mesin algoritme merangking informasi. Algoritme menentukan preferensi menurut pencarian online pengguna sebelumnya, juga pencarian pengguna yang dianggap serupa secara demografis. Saat algoritme “meranking” para perempuan menurut tingkat persepsi kemolekan mereka dan bukannya ketertarikan perempuan terhadap olahraga atau komitmen terhadap tim mereka, terlihat jelas bagaimana perempuan dalam lingkungan olahraga dinilai.
Ketik kata “male sport fans (laki-laki penggemar olahraga )” di sebuah mesin pencari dan Anda akan mendapatkan gambaran yang beda. Satu-satunya tubuh yang berpakaian minim di acara ditutupi cat tubuh warna-warni. Kriteria laki-laki penggemar olahraga di ranah online tampaknya tidak ada hubungannya dengan daya tarik fisik.
Fan Korea Selatan menyoraki tim mereka di Seoul selama Piala Dunia 2014. Korean Culture and Information Service/Wikimedia Commons
Komposisi jenis kelamin di ruang redaksi adalah faktor lain yang berdampak pada cara penggemar perempuan ditampilkan. Para fotografer dan editor menyeleksi gambar-gambar penonton perempuan yang mereka ambil dan mereka tunjukkan pada khalayak. Meningkatkan jumlah perempuan dengan kekuasaan untuk mengambil keputusan tentang konten berita dapat membuat lebih banyak variasi gambar online perempuan terkait olahraga.

Stereotip diperkuat oleh persaingan antarnegara

Penggambaran media terhadap perempuan penggemar olahraga sebagai seseorang yang seksi dan pada saat yang sama serius menyukai olahraga juga menguntungkan bagi organisasi olahraga global seperti FIFA, yang mencari cara untuk meningkatkan pangsa pasar global pertandingan mereka dengan mengincar perempuan sebagai penggemar dan pemain.
Secara ironis, gambar-gambar ini menjadi bukti bahwa persaudaraan sepak bola, yang dikenal memiliki rapor jelek soal dalam hal kesetaraan jender, menerima dan terbuka bagi semua jenis perempuan–bahkan mereka yang mungkin tidak terlihat seperti penggemar olahraga “biasa”.
Mereka juga digunakan sebagai bagian dari tontonan olahraga global untuk meningkatkan profil negara-negara yang didukung oleh perempuan ini, dan untuk menguatkan ide rivalitas dan kompetisi antarnegara. Ketika gambar-gambar seksual dari para pendukung perempuan muncul di bawah judul berita seperti “Inggris membuat kita bangga”, tubuh perempuan menjadi terkooptasi sebagai bagian dari kompetisi olahraga maskulin.
Popularitas gambar-gambar ini menjelaskan bagaimana persepsi sosial yang langgeng terhadap perempuan penggemar olahraga dan syarat yang harus dipenuhi perempuan agar terlihat dalam media olahraga yang didominasi laki-laki. Dalam memberikan visibilitas pada para perempuan di tribun yang paling sesuai dengan idealisme perempuan menurut laki-laki, dan membingkai keseksian perempuan sebagai pilihan pribadi, media olahraga tidak berbuat banyak dalam melawan hierarki perbedaan gender dalam olahraga.
Untuk memecahkan stereotip ini, perlu representasi yang lebih beragam dari perempuan penggemar sepak bola dalam liputan media tentang Piala Dunia–dan acara olahraga lainnya. Ruang redaksi dapat mengambil petunjuk dari kampanye media sosial akar rumput, seperti This Fan Girl, yang menampilkan secara khusus para penggemar perempuan yang muncul minggu demi minggu, dalam cuaca terburuk, untuk mendukung tim klub di Inggris.
Pada akhirnya, mungkin, kita akan bisa mengubah gambar-gambar yang berasal dari tribun acara olahraga paling populer di dunia ini. Lebih sedikit celana pendek, lebih banyak keragaman penggemar.

Kim Toffoletti tidak bekerja, menjadi konsultan, memiliki saham, atau menerima dana dari perusahaan atau organisasi mana pun yang akan mengambil untung dari artikel ini, dan telah mengungkapkan bahwa ia tidak memiliki afiliasi di luar afiliasi akademis yang telah disebut di atas.


Nikahi Anak 11 Tahun, Che Mohd Karim Bakal Hadapi Proses Hukum...

BERITA LUCU INDONESIA - Che Mohd Karim (41), pria Malaysia yang mendadak tenar karena menikahi anak perempuan berusia 11 tahun, mengatakan siap menghadapi proses hukum.
Karim menambahkan, dirinya siap bekerja sama penuh dengan aparat pemerintah yang melakukan investigasi terhadap masalah pernikahan ini.
Meski demikian, Karim menegaskan, dia tidak akan menceraikan istri belianya itu dan siap menunggu selama lima tahun lagi sebelum mereka bisa tinggal bersama.
Usia 16 tahun, menurut undang-undang Malaysia, adalah usia minimum bagi perempuan untuk menikah.
"Saya tidak merasa bersalah karena kami menikah dengan restu ayahnya," ujar Karim kepada jurnalis, Selasa (3/7/2018). Meski belum tinggal bersama, Karim berjanji akan mengurus istri ketiganya ini seperti dia mengurus dua istri dan enam anaknya.
"Meski istri ketiga saya masih tinggal bersama orangtuanya, saya akan menanggung semua biaya hidup dan ongkos pelajaran agamanya," ujar Karim.
Sebelumnya, Deputi PM Wan Azizah Wan Ismail mengatakan, Karim sedang diselidiki terkait dugaan melakukan apa yang disebut sebagai "sexual grooming".
Wan Azizah, yang juga menjabat menteri perempuan, keluarga, dan pembangunan komunitas menjelaskan, pemerintah masih menganggap pasangan itu tidak menikah hingga mendapatkan bukti sah.
Jaksa Syariah Kelantan Zaini Sulaiman dikabarkan pernah mengatakan, Karim yang merupakan penjual karet bisa didakwa melakukan praktik poligami di bawah Undang-undang Keluarga Islam 2002.
Dia dianggap melanggar undang-undang karena menikahi anak di bawah umur tanpa sepengetahuan pengadilan dan izin dari dua istrinya yang lain.
Sementara itu, Presiden Dewan Agama Islam Narathiwat Safei Cheklah menegaskan, Karim dan istrinya dinikahkan oleh seorang ulama di provinsi itu.
Namun, Safei menegaskan, pernikahan itu digelar tanpa mengajukan izin dari dewan. Kedua orangtua anak itu dikabarkan adalah warga negara Thailand. Safei menegaskan, pernikahan Karim tidak salah jika ditilik dari hukum syariah tetapi melanggar undang-undang sipil di Malaysia.
Di sisi lain, Partai Islam Malaysia (PAS) mendesak warga non-Muslim agar tak menyalahkan Islam dalam kasus pernikahan dini ini. Wakil Presiden PAS Tuan Ibrahim menggambarkan masalah tersebut merupakan kasus individual yang bisa terjadi di mana saja di seluruh dunia.
"Ini bukan terkait Islam, tetapi individual," ujar Ibrahim.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pria Malaysia yang Nikahi Anak 11 Tahun Siap Hadapi Proses Hukum"


Bowo Alpenliebe dan 5 Sosok Mendadak Seleb Lainnya...

Raffi Ahmad bersama Nety alias Bude Sumiyati (Foto: Instagram Bude Sumiyati)
BERITA LUCU INDONESIA - Fenomena mendadak selebriti berkembang sejalan dengan teknologi yang kian pesat. Warga sipil biasa bahkan anak-anak mahir menggunakan media sosial sebagai penyalur hobi baru mengisi waktu luang.
Belum lama ini, nama Bowo Alpenliebe tiba-tiba menambah daftar panjang sosok mendadak seleb yang kebanyakan datang dari jagat media sosial. Medcom.id mencoba merangkum beberapa nama yang benar-benar mencuri perhatian melalui media sosial.
1. Sinta dan Jojo "Keong Racun"
Sekitar tahun 2010, nama Sinta Nurmansyah Masson dan Jovita Adityasari viral di media sosial setelah membawakan lagu Keong Racun dan diunggah ke platform YouTube.
Saat itu, Sinta dan Jojo yang berasal dari Cimahi masih berstatus mahasiswi. Aksi lypsinc lagu Keong Racun yang mereka bawakan sukses menarik perhatian warganet hingga menjadi trending topic selama beberapa hari.
Keong Racun merupakan lagu bertema perselingkuhan yang diciptakan Buy Akur dan dipopulerkan oleh Lissa.
Pada Senin, 2 Juli 2018 Sinta dan Jojo melakukan reuni kecil-kecilan. Kabar ini diketahui lewat akun Instagram Sinta yang mengunggah stories pertemuannya bersama Jojo.
Sinta masih aktif menggunakan akun Instagram @sisisinta dan Jojo dengan akun @jojoevitae.
2. Udin Sedunia
Masih melalui platform YouTube, Sualudin alias Udin Majnun berhasil menarik perhatian publik lewat aksi lucunya membawakan lagu ciptaannya sendiri berjudul Udin Sedunia. Berkat YouTube, Udin menjadi bintang tamu di beberapa stasiun televisi dan mendapat tawaran manggung.
Udin merupakan pria kelahiran Lombok, Nusa Tenggara Barat. Setelah fenomena Udin Sedunia, namanya ikut meredup seketika.
Kini, Udin masih aktif di media sosial Instagram lewat akun @realudinsedunia.
3. Briptu Norman Kamaru
Berkat melakukanlipsync lagu India berjudulChaiyya Chaiyya dan direkam oleh salah seorang rekan, nama Briptu Norman Kamaru asal Gorontalo mendadak viral. 
Selain bernyanyi, goyangan serta gerak bibir yang khas dengan berseragam polisi ikut menarik perhatian publik.
Video yang diunggah melalui platform YouTube itu diunggah dengan nama Polisi Gorontalo Menggila dan dikemas dalam durasi 6 menit 30 detik.
Sejak namanya tenar, Brigade Mobil berpangkat Briptu itu rela melepas jabatannya lantaran meninggalkan tugas selama 84 hari berturut tanpa alasan yang jelas. Norman tidak lagi menjadi anggota polisi dan merintis usaha kuliner bubur. Berkat ketenarannya ini, Norman Kamaru sempat bermain dalam film Xia Aimei (2012) bersama Franda dan Samuel Rizal.
4. Bowo Alpenliebe
Lagi-lagi lewat aksi lypsinc, tapi kali ini bukan melalui platform YouTube melainkan aplikasi Tik Tok. Nama Bowo Alpenliebe mendadak viral setelah aksinya bermain Tik Tok dan diunggah ke akun Instagram miliknya. 
Namanya melambung hingga berani menggelar jumpa penggemar dengan tarif harga hingga ratusan ribu rupiah.
Sayangnya ketika bocah berusia 13 tahun itu mulai tenar, Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir aplikasi Tik Tok setelah menerima laporan dari masyarakat dan melakukan pengawasan selama sebulan terakhir.
Kendati Tik Tok diblokir, kabarnya Bowo akan beralih pada aplikasi lypsinc lain yakni Musically.
5. Bayi Tatan
Menggemaskan sekaligus berperawakan lucu, Tatan berhasil mencuri perhatian sebagain besar warganet. Ia mulai tenar sejak berusia 3 tahun ketika videonya diunggah oleh sang kakak melalui Instagram pada 2016. 
Hingga kini Tatan masih eksis di akun Instagram hingga mendapat berbagai tawaran untuk mengiklankan beragam produk. Akun dari balita bernama lengkap Jonathan R. Sugianto itu dikendalikan oleh sang kakak, Geraldo Sugianto.
6. Bude Sumiyati
Selain bintang Tik Tok dan Selebgram yang menjamur, sosok Bude Sumiyati tidak ketinggalan menjadi Selebtwit alias idola pengguna Twitter. 
Uniknya, Bude Sumiyati adalah sosok fiksi yang senggaja diciptakan oleh netizen di Twitter dengan personfikasi sosok perempuan paruh baya. Karena akun Bude Sumiyati populer di Twitter, lantas media mencari tahu tentang sosok perempuan di akun Bude Sumiyati. 
Belakangan diketahui sosok foto yang digunakan dalam akun Twitter Bude Sumiyati adalah foto Nety Herawati. Lucunya, Nety awalnya tidak mengetahui jika foto-foto dirinya populer di jagat Twitter. Nety lantas mengizinkan netizen anonim tersebut untuk menggunakan foto-fotonya diunggah melalui akun Twitter Bude Sumiyati. 
Digigit nyamuk, dikunyah malam
Berlari di bawah rintik hujan terantuk batu kesombongan




Kamis, 05 Juli 2018

10 Potret Ini Momennya Pas Banget, Sulit Dipercaya dan Bikin Takjub...

10 Potret ini momennya pas banget, sulit dipercaya dan bikin takjub
BERITA LUCU INDONESIA - Alasan terjadinya pelangi memiliki banyak faktor bantuan seperti matahari, air hujan dan juga udara di sekitar. Momen indah ini pun sangat sering terjadi dan indah jika dilihat dengan mata telanjang.
Fenomena alam yang bisa kamu temui di berbagai belahan dunia ini memang terkadang ada waktu-waktu tertentu untuk menyaksikannya. Terlebih jika momen itu jarang terjadi dan hanya bisa disaksikan sekali seumur hidup.
Beberapa momen yang disaksikan kadang dipotret dalam hitungan detik dan bisa sangat pas terjadi. Selain sangat keren, momen tersebut juga sangat langka ketika kamu lihat dengan seksama.
This Will Blow My Mind, Selasa (3/7) momen yang terjadi ini bisa sangat pas dan terjadi hanya di satu tempat. Seperti apa? Simak selengkapnya sebagai berikut.
*1. Bisa ngambang di atas air. *
*2. Yang kiri redup, yang kanan terang banget. *
*3. Perhatikan langitnya, beda kan? *
*4. Itu mbaknya jogging di pinggir laut, bukan di atas pembatas jalan ya. *
*5. Wow, bisa pas gini! *
*6. Matanya jadi indah banget. *
*7. Eh ada yang lompat! *
*8. Tenang, badan anjingnya nggak segede itu kok. *
*9. Serem juga nih petirnya. *
10. Itu cuma tikungan ya, bukan ujung dunia.






Girls, 7 Hal Ini Ternyata yang Dicari Pria dari Seorang Wanita...

BERITA LUCU INDONESIA - Wanita seperti apa sih yang dicari seorang pria? Mungkin itulah pertanyaan yang sering muncul di pikiran seorang wanita. Dan masih banyak wanita yang berpikir bahwa pria hanya mencari seorang wanita berdasarkan bentuk fisik wanita tersebut.
Meskipun hal ini benar tetapi fisik bukanlah satu-satunya hal yang dicari para pria. Berikut ini 7 hal yang ternyata dicari pria dari seorang wanita.

1. Wanita yang bisa menjadi dirinya sendiri 

Seorang wanita yang bisa menjadi dirinya sendiri adalah wanita yang memiliki sifat self acceptance yang tinggi termasuk dalam menerima fisik yang dimilikinya. Tak perlu lagi mengubah fisik yang sudah Tuhan berikan dengan cara operasi atau lainnya hanya karena merasa kurang.
Kamu lebih memilih mensyukuri atas apa yang sudah kamu miliki sekarang. Hal ini menjadi penting karena wanita seperti ini akan mudah menerima seorang pria dengan kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya.

2. Wanita yang bersikap mandiri 

Banyak wanita yang beranggapan bahwa seorang pria suka dengan wanita yang manja. Hal ini bukanlah hal yang salah tetapi kamu harus mengetahui porsinya dan pada kenyataannya pria lebih menyukai wanita yang mandiri untuk hubungan jangka panjang.
Pria mencari wanita mandiri karena wanita yang mandiri bisa pergi ke mana pun seorang diri tanpa perlu ditemani. Wanita ini juga tahu apa tujuan hidupnya dan cara apa yang harus dia lakukan, semuanya dilakukan dengan sungguh-sungguh.

3. Wanita yang memiliki impian dan cita-cita

Pria menyukai wanita yang memiliki impian dan cita-citanya sendiri. Wanita yang memiliki tujuan dan impian yang harus dicapai. Wanita seperti ini memiliki gairah hidup yang tinggi karena setiap saat merasa tertantang untuk meraih setiap daftar impian yang ditulis dalam note kecil.
Hal ini membuat pria tertarik karena dekat dengannya tak pernah membosankan. Pasalnya selalu ada hal baru yang bisa diceritakan dan yang terpenting wanita seperti ini tidak punya banyak waktu untuk menjadi "badan pengawas" yang meneror menanyakan kabar setiap detik.

4. Wanita yang bisa menjadi partner hidup berbagi passion

Tidak hanya mengejar impiannya sendiri, wanita yang bisa menjadi partner hidup berbagi passion yang dimiliki pria tersebut adalah hal yang dicari seorang pria. Wanita yang bisa membagi waktunya untuk bisa bercerita tentang hal-hal yang disukai pria yang hidup bersamanya.
Memberikan masukan atau saran ketika dia memiliki kendala dalam mencapai targetnya, atau bahkan ambil bagian dalampassion yang dimilikinya dan mewujudkannya secara bersama-sama.

5. Wanita yang menjadi pendengar yang baik 

Wanita yang bisa menjadi pendengar yang baik adalah hal yang dicari seorang pria. Hal ini menjadi penting bagi seorang pria mengingat seorang wanita adalah makhluk yang paling banyak bicara dan tak diimbangi dengan kemampuan "mendengar".

6. Wanita yang bisa "berkomunikasi" dengan baik

Wanita yang bisa "berkomunikasi" dengan baik artinya wanita yang bisa mengkomunikasikan segala perasaan yang ada di hati kepada pria secara lisan bukan dengan kode-kodean yang dibumbui drama.
Hal ini penting bagi seorang pria karena dalam perjalanan sebuah hubungan pastilah ada kesalahpahaman atau masalah yang harus diselesaikan dengan berkomunikasi dengan cara baik-baik. Seorang pria bukanlah "cenayang" yang bisa mengetahui apa yang terjadi atau yang ada di hatimu tanpa diungkapkan.

7. Wanita yang memiliki sifat dan sikap seorang ibu

Pria mencari seorang wanita yang memiliki sifat seorang ibu adalah hal terakhir yang dicari seorang pria. Tak hanya menyukai seorang anak kecil tetapi juga mampu menjadi "wonder woman" dalam keluarga kecil yang ada dibayangan seorang pria.
Wanita yang bisa memberikan kenyamanan, mengerti, dan mampu merawat keluarganya dengan baik merupakan tugas dan tanggung jawab sebagai istri dan ibu di masa depan.

Jadi, ada berapa sifat yang sudah kamu miliki, girls?


5 Potret Pernikahan Pangeran Timur Tengah yang Tak Kalah Megah dari Kerajaan Inggris...

BERITA LUCU INDONESIA - Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, Sabtu (19/5/2018) lalu tentu masih kita ingat dengan jelas.
Momen bahagia keduanya menjadi sorotan dari berbagai penjuru dunia. Mulai dari biaya pernikahan, aturan kerajaan, hingga membanding-bandingkannya dengan pernikahan Pangeran William-Kate.
Selain kerajaan Inggris, beberapa kerajaan di luar sana juga merayakan pesta pernikahan putra mahkotanya secara megah. Termasuk di antaranya kerajaan Timur Tengah.
Rabu (4/7/2018), berikut lima pernikahan termegah di Timur Tengah selama 25 tahun terakhir.
1. Pangeran Hamzah bin Hussein dari Yordania dan Putri Noor

Putra Raja Yordania Hussein dan Ratu Noor mengikat janji dengan Putri Noor binti Asem bin Nayef pada tahun 2003.
Pasangan itu menikah di Istana al-Baraka di Amman.
Pengantin wanita mengenakan gaun renda yang sangat elegan dan kerudung renda yang serasi. Sementara Pangeran Hamzah, yang bertugas di Angkatan Darat Arab Yordania, mengenakan seragam militernya.
2. Raja Mohamed VI dari Maroko dan Putri Lalla Salma
(emirateswoman.com)
Setelah dilaporkan bertemu di sebuah pesta pada tahun 1999, penguasa Maroko akhirnya menikahi Salma Bennani pada 2001.
Pengantin perempuan yang kemudian mendapat gelar "HRH Princess Lalla Salma", pernah menempuh pendidikan jurusan teknik sebelum menikah.
Ia juga sempat bekerja sebagai insinyur di pusat layanan informasi.
3. HH Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum dan Putri Haya bin Al Hussein

Wakil Presiden dan Perdana Menteri (Uni Emirat Arab) UEA yang juga penguasa Dubai menikahi Putri Haya, peragawati Olimpiade, putri Raja Hussein dari Yordania, pada 2004.
Pasangan itu menikah dengan upacara intim di Amman.
Raja Abdullah II pun turut hadir dalam acara sakral itu.
Sheikh Mohammed dan Putri Haya sama-sama pernah menempuh pendidikan di Oxford.
4. Raja Abdullah II dari Yordania dan Ratu Rania Al-Abdullah

Ratu Rania bertemu Pangeran Yordania, Abdullah II bin Al-Hussein, di sebuah pesta makan malam pada tahun 1992.
Pasangan itu mengumumkan pertunangan mereka enam bulan kemudian, sebelum akhirnya menikah di Istana Zahran pada 10 Juni 1993.
Ratu Rania Al-Abdullah sebelumnya pernah bekerja sebagai marketing di Citibank dan Apple sebelum menikah.
Di hari bahagianya, ia mengenakan gaun lengan pendek karya perancang Inggris Bruce Oldfield dengan hiasan bordir emas.
5. Pangeran Yordania, Rashid bin El Hassan dan Putri Zeina

Pernikahan keduanya berlangsung megah di Istana Bassman di Amman. Pangeran Rashid adalah putra Pangeran Yordania, Hassan bin Talal dan Putri Sarvath El Hassan.
Sementara pengantin perempuannya, Zeina, adalah seorang juara olahraga tenis meja yang mewakili Yordania pada Olimpiade tahun 2004 dan 2008.
Zeina mengenakan gaun A-line dengan renda di bagian atasnya dengan tiara berlian milik ibu mertuanya, Putri Sarvath.




Cerita di Balik Sukses Zhang Yiming, Sang Pendiri Tik Tok...

BERITA LUCU INDONESIA - Zhang Yiming mungkin nama yang asing di telinga kamu, tapi jangan kaget, karena dia adalah pendiri Tik Tok yang belakangan viral banget.
Aplikasi yang lagi hits-hitsnya di kalangan anak-anak dan remaja ini memang lagi jadi buah bibir di mana-mana. Terakhir, Tik Tok jadi headline pemberitaan di hampir semua media besar tanah air setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) memblokir operasi dan layanan aplikasi pembuat video pendek berbasis media sosial tersebut pada Senin, 3 Juli 2018, dengan alasan adanya konten negatif di dalamnya.
Kembali lagi ke Zhang Yiming. Yiming adalah sosok di balik kesuksesan Tik Tok, aplikasi yang melahirkan bintang-bintang baru di dunia maya macam Bowo Alpenliebe dan kawan-kawannya.
Yiming me-launching Tik Tok pada bulan September 2016 di bawah bendera perusahaan ByteDance, yang ia dirikan empat tahun sebelumnya, atau lebih tepatnya pada Maret 2012. Pada tahun 2017, Bytedance menerima suntikan investasi senilai 20 juta miliar Dolar AS, termasuk dari Toutiao Group, perusahaan aplikasi agregasi konten yang juga didirikan oleh Yiming.
Dilansir dari Forbes, Yiming yang jebolan jurusan software engineering dari Nankai University punya kekayaan hingga 4 miliar Dolar Amerika Serikat atau kalau dirupiahkan itu sekitar 57,4 triliun Rupiah. Wow banget gak sih?
Majalah finansial dan keuangan Amerika Serikat itu pada tahun 2013 pernah memasukkan nama Yiming di deretan orang terkaya Cina di bawah usia 30 tahun. Sekarang, di usianya yang sudah 34 tahun, Yiming menempati ranking 545 di daftar orang terkaya dunia.

Wirausahawan ambisius

Yimimg itu tipe wirausahawan cerdas yang berambisi untuk bisa membuat produk-produk perusahaannya mendunia. Apa yang jadi mimpi si pendiri Tik Tok ini tentunya gak berlebihan. Sebab, beberapa aplikasi bikinan perusahaannya, Bytedance, memang sudah bisa ‘berbicara’ banyak di Cina sendiri. Salah satunya adalah Toutiao, yang per Oktober 2017 nilai perusahaannya ditaksir bernilai 22 miliar Dolar AS atau setara dengan 315 triliun Rupiah, dengan 600 juta pengguna total dan 120 juta pengguna aktif tiap harinya.
Dalam sebuah wawancara dengan perusahaan venture capital, GGV Capital, tahun 2017 lalu, Yiming mengaku ingin sekali melebarkan sayap perusahaannya ke negara-negara lain. Apalagi dengan adanya kenyataan bahwa aplikasi Tik Tok bikinannya laris manis di sejumlah negara seperti Indonesia, Vietnam, dan Brasil.
Dan, di tahun itu pula, Yiming mulai berekspansi ke Indonesia lewat Tik Tok-nya. Gak sampai di situ, Yiming pun melakukan strategi lain yang cukup mengejutkan. Lewat ByteDance, Yiming mengakuisisi Musical.ly, platform video pendek berbasis medsos yang gak lain adalah kompetitor Tik Tok.
Yiming membeli Musical.ly pada 9 November 2017 senilai 1 miliar Dolar AS atau sekitar 14,3 triliun Rupiah. Dengan jumlah pengunduh aplikasi yang mencapai lebih dari 100 juta orang, kebayang kan sebesar apa ‘komoditas’ user yang dimiliki perusahaan Yiming?

Bermimpi susul Google

Lelaki yang doyan tampil casual dengan celana jeans dan T-shirt ini juga punya mimpi yang gak main-main. Ia punya harapan kelak Toutiao, agregator konten bikinannya, bisa menjadi sebesar Google, raksasa internet yang dulu mengawali bisnisnya dengan mesin pencarian web.
“Google adalah perusahaan tanpa batas. Saya berharap Toutiao akan menjadi tanpa batas seperti Google. Secara pribadi, saya ingin melakukan hal-hal yang menarik dan berguna bagi masyarakat,” kata Yiming seperti dikutip dari hans.vc.

Kreator yang visioner

Si pendiri Tik Tok ini mengawali kariernya sebagai insinyur pembuat software. Namun, seiring kemajuan perusahaannya yang pesat, ia harus beradaptasi cepat menjadi CEO yang handal. Artinya, selain mahir bikin aplikasi, Yiming terus berusaha memahami pengalaman pengguna aplikasinya dan apa yang mereka ingin lakukan dengan itu.
Keberhasilan Yiming dengan Toutiao dan Tik Tok juga buah dari cara pandang yang visioner dan gak alergi sama perubahan minat masyarakat. Ia sadar, dunia content sudah berevolusi. Anak-anak zaman now udah gak terlalu suka membaca teks. Sebaliknya, mereka lebih doyan menonton video sekaligus membuatnya sendiri demi eksis di medsos.

Pencipta Tik Tok, tapi awalnya gak pakai Tik Tok

Yang cukup menarik, ternyata awalnya Yiming sama sekali gak pernah menggunakan Tik Tok lho. Jadi, selama beberapa waktu dia gak pernah bikin video tentang dia sendiri pakai Tik Tok. Alasannya simple, Yiming udah ngerasa terlalu tua buat aplikasi yang memang diperuntukkan buat anak-anak muda itu.
Tapi lambat laun, dia berubah. Yiming mulai bikin video Tik Tok. Bahkan, Yiming mewajibkan seluruh anggota divisi manajemen buat ngebikin video-video Tik Tok. Nah, siapa yang dapat “like” paling sedikit, bakalan kena hukuman ringan seperti push-up dan sejenisnya. Lucu ya?
Itulah sedikit fakta soal Zhang Yiming, sang pendiri Tik Tok yang ternyata tajir melintir. Kamu bisa belajar banyak dari Zhang Yiming untuk mengembangkan usaha kamu sendiri, atau bahkan memulai usaha yang selama ini belum kamu mulai. Paling gak, ada yang bisa ditiru dari Yiming, terutama soal kemauan meriset keinginan pasar dan lincah beradaptasi dengan perubahan.


Ditegur makan es krim sambil berkendara, ekspresi pria ini kocak...

BERITA LUCU INDONESIA - Mengendarai motor ataupun mobil memang membutuhkan konsentrasi tinggi. Jika berkendara sambil melamun atau menga...

Popular Posts