Sabtu, 21 Juli 2018

Video Kali Item Dekat Wisma Atlet Kemayoran Ditutupi Kain Jaring Hitam...

KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D
BERITA LUCU INDONESIA - Pemasangan jaring hitam yang menutupi Kali Item di samping Wisma Atlet Kemayoran masih berlanjut pada Jumat (20/7/2018).
beberapa bagian Kali Item yang sebelumnya belum tertutup jaring sudah mulai ditutupi jaring berbahan nilon yang biasa disebut kain waring.
Beberapa bagian lain yang belum ditutupi jaring sudah dipasangi sling berbahan baja yang difungsikan untuk menahan beban jaring agar tidak jatuh ke permukaan air.
Pengawasan pemasangan jaring Edi Mahmudi mengatakan, jaring tersebut bisa menahan beban hingga sepuluh kilogram. Adapun bentangan kali yang ditutupi jaring mempunyai panjang 689 meter dan lebar kira-kira 20 meter.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan, jaring tersebut dipasang untuk mengurangi munculnya bau tak sedap dari Kali Item.
"Kali Item ini kadang-kadang semriwing, kadang-kadang enggak. Kita enggak mau ambil risiko. Inasgoc dan Inapgoc bersurat, Pak Gubernur dan saya mengambil inisiatif untuk mengurangi risiko tiba-tiba semriwing," ujar Sandiaga di Balai Kota, Kamis (19/7/2018).
Selain mengurangi bau, jaring juga dipasang supaya pekatnya air Kali Item yang berwarna hitam tidak terlihat langsung oleh atlet Asian Games yang menginap di Wisma Atlet Kemayoran.
Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Kali Item di depan Wisma Atlet, Kemayoran, kondisinya sudah sangat parah sehingga harus ditutupi kain hitam. Ia menyebut kondisinya sudah menahun.
"Sudah menahun di situ. Saya yang menginstruksikan memang, setelah saya berdiskusi dengan beberapa orang pakar, salah satu caranya adalah dengan mengurangi proses penguapan dari sungai itu. Penguapannya adalah dengan diberikan kain penutup," kata Anies di Balai Kota, Jumat (20/7/2018).
Menurut Anies, Kali Item sudah bertahun-tahun warnanya hitam. Selain itu baunya yang tak sedap yang kerap menguap juga jadi polusi bau bagi lingkungan sekitarnya.
"Dengan penguapan dikurangi maka harapannya nanti dari hilir sudah dikurangi potensi polutannya, dicegah di lokasi yang ada, dikurangi pencahayaan panas matahari sehingga mengurangi evaporasi. Harapannya tidak tercium," ujar dia.
Anies mengatakan, sejumlah usaha telah dilakukan sebelum menutup kain itu. Pihaknya bahkan telah menertibkan pabrik-pabrik tahu yang diduga mencemari sungai. Setelah ini, akan ada lagi upaya yang dilakukan untuk mengurangi bau dari Kali Item.
"Minggu depan insya Allah akan ada tambahan usaha untuk membersihkan sungai itu. Sedang disiapkan," kata Anies.
Sejak beberapa hari lalu, Kali Item di sebelah Wisma Atlet Kemayoran dipasangi kain hitam. Sejumlah usaha perbaikan telah dilakukan di antaranya pemasangan pagar tanaman dan penerapan teknologi nano bubble.
Berikut ini video pemasangan kain waring hitam di Kali Item:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditegur makan es krim sambil berkendara, ekspresi pria ini kocak...

BERITA LUCU INDONESIA - Mengendarai motor ataupun mobil memang membutuhkan konsentrasi tinggi. Jika berkendara sambil melamun atau menga...

Popular Posts